Monday, June 24, 2019

Tips Hemat Baterai Saat Bermain Game di Smartphone Android


Permainan atau Game merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok).


Seiring berkembangnya tekhnologi. Bermain game tidak hanya bisa dimainkan dalam consol atau Pc. Kebanyakan orang memainkan game pada smartphone androidnya. Namun bermain game didalam Smartphone Android sangat bergantung dengan kemampuna dari baterai, tentu pasti akan sangat menyebalkan jika pada saat kalian sedang seru main game tiba-tiba lowbat, dan akhirnya mati.

Apakah kalian pernah mengalami hal tersebut? sebenarnya ada cara bagaimana agar baterai Smartphone Android ini tidak gampang lowbat pada saat digunakan main game, dan hal ini cukup mudah untuk kalian lakukan. Nah.. kali ini ngoprek gaming akan memberikan Tips Hemat Baterai Saat Bermain Game di Smartphone Android.


Aktifkan Mode Hemat Baterai



Cara hemat baterai saat main game di Smartphone Android yang pertama adalah dengan mengakatifkan fitur atau mode hemat baterai. Cara ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan untuk mengaktifkan mode battery saver atau power saver mode.

Hampir semua smartphone memiliki fitur ini. untuk mengaksesnya silahkan buka menu Pengaturan >> Baterai >> Power Saver Mode.


Atur Grafis Game Pada Tingkat Rendah






Langkah selanjutnya yang bisa kalian coba untuk menghemat baterai adalah memilih settingan grafis berkualitas rendah. Didalam pengaturan game, pastinya pihak developer memberikan menu soal pengaturan grafis dari game tersebut.

Nah jika ingin baterai Smartphone Android kalian tidak cepat boros, maka pilihlah kualitas grafis paling rendahTentu hal ini akan membuat keasyikan bermain game sedikit berkurang terlebih jika memainkan permainan dengan grafis HD.

Tapi hal ini bisa dilakukan untuk menunjang performa baterai HP kalian supaya lebih ringan. Selain itu beberapa game menyediakan setting medium kalau pemain merasa settingan low terlalu rendah.Jadi setting grafis medium bisa menjadi opsi yang bisa dijadikan  jika kalian enggan memilih gambar beresolusi rendah.Dengan begini maka smartphone tidak perlu bekerja keras untuk memberikan gambar HD dan mengkonsumsi banyak daya baterai.


Aktifkan Flight Mode






Langkah selanjutnya yang bisa kalian coba untuk menghemat baterai adalah mengaktifkan Flight Mode atau Mode penerbangan jika kalian sedang memainkan game offline atau ini berlaku jika kalian sedang memainkan game online dan kalian berada di Wifi Area.

Nah saat kalian berada di Wifi Area untuk koneksi internet, maka sebaiknya aktifkan mode ini. Selain bisa menghemat baterai Smartphone Android, cara ini juga efektif untuk menangkal panggilan telepon yang bisa saja mengganggu aktifitas nge-game kamu.

Mengaktifkan fitur Flight Mode sama artinya dengan memblock jaringan seluler kalian. Dan kalian harus tahu bahwa naik turunnya sinyal/jaringan internet cukup berpengaruh terhadap daya tahan baterai.


Turunkan Kecerahan Layar






Langkah selanjutnya yang bisa kalian coba untuk menghemat baterai adalah menurunkan tingkat kecerahan di layar smartphone. Sebenarnya hal ini sudah bukan rahasia lagi, bahwa tingkat kecerahan juga berpengaruh dengan konsumsi daya baterai. Semakin rendah tingkat kecerahan yang dihasilkan, semakin rendah pula konsumsi baterainya.

Memang, kecerahan yang maksimal pada layar HP akan membuat kalian merasa lebih nyaman. Tapi hal ini membuat baterai HP kalian bekerja lebih keras dan cepat habis.

Solusi yang bisa kamu coba adalah dengan bermain di tempat yang terang dan cukup cahaya. Sehingga saat kalian menurunkan tingkat pencahayaan, kamu bisa tetap bermain game dengan nyaman di smartphone.


Tutup Aplikasi Yang Sedang Aktif







Dan cara terakhir untuk menghemat baterai Smartphone Android saat main game adalah menutup aplikasi yang sedang aktif.  kalian bisa mencoba menghentikan atau menutup semua aplikasi yang sedang dibuka. Menutup aplikasi yang sedang aktif ini selain mencegah agar aplikasi berhenti berjalan di latar belakang sekaligus dapat meningkatkan aspek-aspek pada perangkat seperti daya baterai dan kecepatan operasi ponsel.

Untuk menutup aplikasi yang sedang aktif kalian bisa mengaksesnya silahkan buka menu pengaturan - manage app - pilih aplikasi yang ingin di tutup - lalu force close atau paksa berhenti.

Sekian Artikel dari ngoprek gaming tentang Tips Hemat Baterai Saat Bermain Game di Smartphone Android. Semoga bermanfaat.

DONASI VIA PAYPAL Jika kalian memliki Rezeki lebih, Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment